Wednesday, October 21, 2009

Jepang Juga Manusia, Gan (JJMG) I

Sebelum ke Jepang dicekoki pandangan bahwa:
Jepang itu bersih, orangnya sopan-sopan, level ekonominya sama, istri setia, dll.

Jepang itu negara yang bersih. Semua penduduknya tertib.
Sebagian besar iya, tapi ada juga yg tidak.
Ini salah satu contoh "gomi yashiki" (rumah sampah).
Biasanya pemda setempat memberi teguran dan peringatan berkali-kali,
tetapi hanya untuk bagian yang menutupi jalan.
Untuk halaman rumah/dalam rumah, hukum belum bisa menyentuhnya karena si pemilik bisa bersikeras itu bukan sampah melainkan harta bendanya.
Jadi penghuni sekitar rumah tersebut hanya bisa menahan diri biarpun bau, banyak lalat/tikus, dll.



Sewa kamar/rumah, terus ga bayar dan kabur meninggalkan sampah2


Btw, di dekat truk ngetem (pinggir jalan) juga banyak sampah botol plastik, wadah bento, kaleng minuman, dll. Ada pula org Jepang yg buang puntung rokok sembarangan. Sempat lihat pas lagi lampu merah, mobil depan kami, keluarin asbaknya dan buang semua isi puntungnya dari jendela mobil

Orang Jepang tuh sopan-sopan.
Sebagian besar iya, tapi ada juga nih yg model begini.
So-on Obasan di youtube
http://www.youtube.com/watch?v=aHO-Qe8li58


Baru-baru ini ada seorang kakek yg dibunuh karena nglakson mobil yg diparkir di depan rumahnya. Sang kakek baru aja jemput istrinya yg pulang abis opname. Berhubung istrinya masih sulit jalan, dia mau nurunin si istri di depan rumahnya sendiri, tapi ada tetangganya yg parkir di sana. Tetangganya yg memang trouble maker, marah dan langsung ngebunuh dia.

Btw, tetangga depan rumahku juga parkir sembarang melulu. Kita mau keluarin mobil jadi suseh.
Anak tetangga sebelah rumah mecahin keramik kami udah dua kali. Dia suka masuk2 ke halaman tanpa ijin. Ortunya tau dia mecahin tapi ga pernah minta maaf.